Bagaimana Berpromosi Secara Gratisan

Dipublikasikan pada : 2017-01-13

Bagaimana Berpromosi Secara Gratisan


Apa gunanya memiliki produk atau jasa tanpa promosi? Jawabannya sepi. Yup, kalau elo punya sesuatu yang ingin dijual, tentu promosi adalah hal mutlak yang harus lo lakukan. Sialnya, promosi memang tidak murah. Tapi, tulisan ini coba memberikan lo alternatif berpromosi secara murah dan bahkan gratis. Terutama mempromosikan website atau blog.

Gue akan memberitan tips mempromosikan website atau blog yang lo miliki secara gratis agar dibaca banyak orang. Tapi perlu diingat, saat hendak berpromosi pastikan konten yang terdapat di website atau blog memang memiliki standar yang bagus.

Jadi, apa tipsnya? Mari, lakukanlah cara-cara ini.

Sosial Media

Sosial media tentu bukan hanya berguna untuk memajang foto-foto selfie semata atau status-status alay ngga jelas. Website dan blog yang ingin dikunjungi banyak orang, terutama dari kenalan-kenalan elo di dunia maya, sanga cocok untuk disebar-luaskan melalui sosial media. Saat ini, Facebook dan Twitter adalah raja sosial media. Untuk kasus Indonesia, Facebook adalah yang paling utama. Twitter, sudah terlalu ramai dengan jualan-jualan politik. Poin kunci dari menyebar-luaskan link ke website dan blog lo adalah pastikan bahwa postingan lo tersebut telah lo ubah setingan privasinya ke “publik.” Apa alasannya? Coba sendiri dah.

Kaskus

Di Indonesia, kaskus adalah tempat nongkrongnya segala komunitas. Dengan jumlah pengguna yang sangat masif, hal demikian sangat cocok untuk berpromosi. Caranya? Bikin “Thread” di Kaskus, terutama di sub forum “The Lounge” dan pastingan, lo meng-copy-paste semua tulisan di konten yang akan lo bagi. Ingat, Kaskuser sangat tidak suka dengan konten yang terpotong. Di bagian akhir, lo bisa tulis sumber yang mengarah ke halaman web atau blog lo.

Viva

Viva.co.id memiliki bagian khusus untuk para blogger berpromosi. Patikan lo juga berpromosi di sana. Kirim tulisan terbaik lo untuk di review sama tim Viva. Saat konten lo dianggap bagus, Viva akan menanyangkan konten lo dan mengarahkannya langsung ke halaman website atau blog saat seseorang akan membaca konten lo secara keseluruhan.

Liputan 6

Liputan 6 punya kanal bernama Citizen6. Pergunakan kanal ini untuk berpromosi. Lagi-lagi, konten terbaik adalah kunci. Kirim link dan sedikit penjelasan pada tim Liputan 6. Dan jika berhasil, dijamin website atau blog lo akan kebanjiran pengunjung.

Dunia Internet

Ingat, dunia internet sangat luas. Mulai dari banyaknya ragam sosial media, banyaknya media online mainstream yang manerima tulisan-tulisan dari luar, dan banyaknya forum-forum internet. Lo bisa ikutan itu semua dan lihat semua peluang untuk berpromosi.

Itu semua adalah sarana-sarana berpromosi secara gratisan. Tapi, kalau lo punya duit sih ngga masalah juga kok buat berpromosi berbayar.


Spotlight


Deadpool Index: Mengapa Kita Tidak Perlu Mengkonversi Dolar Ke Rupiah?

Deadpool Index: Mengapa Kita Tidak Perlu Mengkonversi Dolar Ke Rupiah?

Mata uang yang berbeda di tiap negara, merefleksikan keadaan negara tersebut. Konversi mata uang, hanyalah ilusi semata.

2017-01-11


Penista Agama Itu Bernama Negara

Penista Agama Itu Bernama Negara

Agama lokal yang ada di Indonesia, tidak pernah diakui keberadaannya hingga hari ini oleh entitas yang bernama negara. Meskipun kita tahu, agama lokal ada lebih dulu daripada Indonesia.

2016-12-05


Google Waymo dan Masa Depan Kendaraan yang Berlalu-Lalang di Jalanan

Google Waymo dan Masa Depan Kendaraan yang Berlalu-Lalang di Jalanan

Perusahaan dunia, ramai-ramai mengembangkan mobil swakemudi. Di ranah ini, Google unggul daripada perusahaan lain.

2016-12-15


Kebenaran Palsu

Kebenaran Palsu

Hoax dibangun atas dasar uang, politik, dan agama.

2017-01-05


Para Penjual Tradisi

Para Penjual Tradisi

Bertahan di tengah arus globalisasi. Mencari keuntungan sambil mencari rejeki.

2016-11-16


Menilik Sejarah Orang Arab di Indonesia

Menilik Sejarah Orang Arab di Indonesia

Dari Hadramaut, menuju wilayah yang kini kita sebut Indonesia.

2016-10-31