Yang Terjadi di Dunia Teknologi di Tahun Ini

Dipublikasikan pada : 2016-12-27

Yang Terjadi di Dunia Teknologi di Tahun Ini


Tahun 2016 sebentar lagi usai. Di dunia teknologi, banyak yang terjadi di tahun ini. Dan seperti biasa, banyak perusahaan-perusahaan teknologi dunia menelurkan perangkat terbaru mereka. Apa yang terjadi di dunia teknlogi di tahun ini? Simak penuturan berikut ini.

Google, perusahaan ajaib ini mengeluarkan sebuah smartphone bernama Pixel. Banyak orang beranggapan bahwa Pixel merupakan “Google’s iPhone.” Google Pixel dibekali dengan asisten digital bikinan Google yang ekslusif. Dan smartphone ini, diklaim memiliki kualitas kamera yang paling hebat di antara smartphone lainnya di pasaran.

Selain itu, di akhir tahun ini, Google “memerdekakan” proyek self-driving car mereka. Nama “Waymo” didaulat sebagai nama perusahaan yang memayungi proyek tersebut. Silakan baca tentang Google Waymo selengkapnya di website ini. Pertarungan mobil swakemudi terbilang sengit di tahun ini. Nama Tesla adalah perusahaan yang paling dekat persaingannya dengan Waymo. Tesla, melahirkan mobil seri terbaru yang diklaim bisa diandalkan untuk mengemudi sendiri.

Tahun 2016 adalah tahun yang membuat fans Apple cukup kecewa. Pembaruan perangkat iPhone dianggap tidak terlalu signifikan. Malahan, banyak yang menganggap bahwa iPhone sudah tidak menjadi pemimpin inovasi lagi. Banyak smartphone berbasis Android yang diklaim lebih memiliki inovasi dibandingkan dengan iPhone.

Selain itu, penghilangan beberapa port di Macbook terbaru juga menuai banyak kecaman. Hilangnya port memori card merupakan pukulan bagi para fotografer yang menggunakan Macbook. Banyak kalangan mengaggap bahwa port yang hilang, baik di macbook maupun perangkat Apple lainnya, hanya bertujuan bisnis semata guna menambah pundi-pundi keungan Apple. Hal ini tentu memiliki dasar, mengingat Apple juga menjual berbagai macam konverter yang harganya terbilang mahal.

Dan mungkin inilah tahun tersial bagi Samsung. Kasus Galaxy Note mereka merupakan salah satu kasus terheboh di jagat teknologi. Ledakan demi ledakan banyak dilaporkan para pengguna Note di seluruh dunia. Hal tersebut membuat otoritas penerbangan, melarang penggunaan Note di seluruh penerbangan di dunia. Dan sialnya, Samsung dikabarkan tidak mengetahui secara pasti, apa penyebab Note bikinan mereka bisa meledak. Hal ini diindikasikan setelah pembaruan yang mereka berikan pada pengguna Note, tidak berdampak apa-apa.

Setelah menyelesaikan program upgrade gratis ke Windows 10 dan memberikan beberapa update signifikan bagi pengguna Windows, Microsoft cukup agresif di tahun ini. Mereka menelurkan Surface Studio dan Surface Dial yang dianggap sangat bagus sekali. Banyak kalangan yang menyebut bahwa tahun ini adalah tahunnya Microsoft. Inovasi Surface yang mereka keluarkan, disambut positif oleh para pecinta teknologi.

Selain perusahaan-perusahaan di atas, banyak perusahaan di jagat teknologi juga menelurkan inovasi-inovasi mereka. Banyak yang gagal, banyak pula yang berhasil. Snapchat berhasil dengan kacamata pintar mereka, Facebook dicemooh lantaran banyak menghadirkan berita-berita palsu di timeline para pengguna mereka. Instagram, menghadirkan inovasi yang mengekor Snapchat di tahun ini.

Dalam dunia “cyber security” tahun ini tampaknya tahun yang buruk. Sistem pemilu di Amerika Srikat menerima serangan yang bertubi-tubi. Bahkan, CIA dan NSA mengungkapkan bahwa ada indikasi kemenangan Donal Trump dibantu oleh Rusia dengan pasukan sibernya.

Selain itu, perusahaan layanan teknologi Dyn mengalami serangan paling heboh di tahun ini. Dyn merupakan perusahaan yang memberikan layanan nama domain bagi banyak website di dunia. Serangan yang menyasar mereka, mengakibatkan banyak website yang tidak bisa diakses. Serangan tersebut menggunakan perangkat-perangkat IoT atau internet of things.

Begitulah sekelumit kisah di jagat teknologi di tahun ini. Tahun depan tinggal selangkah lagi, marilah berharap teknologi baru akan bermunculan di tahun 2017.


Spotlight


Deadpool Index: Mengapa Kita Tidak Perlu Mengkonversi Dolar Ke Rupiah?

Deadpool Index: Mengapa Kita Tidak Perlu Mengkonversi Dolar Ke Rupiah?

Mata uang yang berbeda di tiap negara, merefleksikan keadaan negara tersebut. Konversi mata uang, hanyalah ilusi semata.

2017-01-11


Penista Agama Itu Bernama Negara

Penista Agama Itu Bernama Negara

Agama lokal yang ada di Indonesia, tidak pernah diakui keberadaannya hingga hari ini oleh entitas yang bernama negara. Meskipun kita tahu, agama lokal ada lebih dulu daripada Indonesia.

2016-12-05


Google Waymo dan Masa Depan Kendaraan yang Berlalu-Lalang di Jalanan

Google Waymo dan Masa Depan Kendaraan yang Berlalu-Lalang di Jalanan

Perusahaan dunia, ramai-ramai mengembangkan mobil swakemudi. Di ranah ini, Google unggul daripada perusahaan lain.

2016-12-15


Kebenaran Palsu

Kebenaran Palsu

Hoax dibangun atas dasar uang, politik, dan agama.

2017-01-05


Para Penjual Tradisi

Para Penjual Tradisi

Bertahan di tengah arus globalisasi. Mencari keuntungan sambil mencari rejeki.

2016-11-16


Menilik Sejarah Orang Arab di Indonesia

Menilik Sejarah Orang Arab di Indonesia

Dari Hadramaut, menuju wilayah yang kini kita sebut Indonesia.

2016-10-31