Yang Terjadi di Dunia Medis di Tahun Ini

Dipublikasikan pada : 2016-12-26

Yang Terjadi di Dunia Medis di Tahun Ini


Tahun 2016 hampir habis. Sebentar lagi, kita bakalan masuk ke tahun 2017 (ya iyalah). Dan seperti media-media lain, refleksi tahun 2016 selalu menjadi berita utama yang disajikan pada pembacanya.

Kali ini, gue bakalan ngasih tahu lo apa yang terjadi di dunia medis selama tahun 2016. tulisan ini, gue sadur dari Majalah Time edisi 26 Desember 2016.

Nah apa yang terjadi di dunia media tahun ini, berikut rangkumannya:

1.Ganja

Mariyuana atau Ganja semakin legal digunakan di Amerika Serikat. 8 negara bagian di Amerika sana, menyatakan bahwa ganja lagal digunakan untuk kebutuhan rekreasional. Hal ini menambah daftar panjang negara-negara bagian yang melegalkan ganja. Sampai tahun ini, ada 28 negara bagian di Amerika yang melegalkan ganja. Negara lain seperti Belanda dan Belgia juga sudah melegalkan ganja untuk digunakan bersenang-senang.

Nah karena legalisasi ini, kalangan saintis atau ilmuan menginginkan ganja untuk diteliti lebih lanjut sebagai bahan pengobatan. Yang mana, di tahun-tahun lalu, penelitian medis soal ganja terhalang oleh regulasi. Bukan tidak mungkin, di tahun-tahun berikutnya, banyak obat-obatan yang terbuat dari ganja bakalan digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

2.HIV

Seperti artikel yang telah Madzae.com terbitkan, ilmuan telah menemukan vaksin HIV yang dianggap memiliki progres terbaik. Untuk selengkapnya, silakan cari artikel tersebut di website ini ya.

3.Kebal

Ini termasuk kabar buruk. Para peneliti percaya bahwa bakteri maupun virus telah lebih kebal terhadap obat-obatan. Maka, banyak penyakit kini yang lebih sulit disembuhkan dengan obat-obatan biasa. Para peneliti bahkan telah memulai penelitian baru untuk mengatasi masalah ini.

4.CRISPS

CRISPS merupakan teknologi terbaru dalam dunia pengobatan. Para pakar di Cina dikabarkan menggunakan CRISPS untuk menyembuhkan pasien yang terkena kangker. Dan kabar baiknya, pasien tersebut berhasil sembuh dan terbebas dari kangker. Kalangan peneliti di Amerika, segera menindak-lanjuti klaim tersebut dan mereka kini sedang intensif meneliti lebih lanjut soal penggunaan CRISPS untuk mengobati kangker.

5.Perubahan Iklim

Perubahan iklim, dipercaya menimbulkan efek yang begitu beragam. Di tahun ini, para peneliti menyatakan bahwa perubahan iklim, bertanggung jawab atas penyebaran infeksi, penyakit, kekurangan nutrisi dan makanan, hingga asma. Kebijakan para penguasa, sangat berperan untuk meredam efek perubahan iklim. Karena seperti kita ketahui, perubahan iklim dipengaruhi oleh fenomena globalisasi dan modernisasi yang terjadi di banyak negara dunia.


Spotlight


Deadpool Index: Mengapa Kita Tidak Perlu Mengkonversi Dolar Ke Rupiah?

Deadpool Index: Mengapa Kita Tidak Perlu Mengkonversi Dolar Ke Rupiah?

Mata uang yang berbeda di tiap negara, merefleksikan keadaan negara tersebut. Konversi mata uang, hanyalah ilusi semata.

2017-01-11


Penista Agama Itu Bernama Negara

Penista Agama Itu Bernama Negara

Agama lokal yang ada di Indonesia, tidak pernah diakui keberadaannya hingga hari ini oleh entitas yang bernama negara. Meskipun kita tahu, agama lokal ada lebih dulu daripada Indonesia.

2016-12-05


Google Waymo dan Masa Depan Kendaraan yang Berlalu-Lalang di Jalanan

Google Waymo dan Masa Depan Kendaraan yang Berlalu-Lalang di Jalanan

Perusahaan dunia, ramai-ramai mengembangkan mobil swakemudi. Di ranah ini, Google unggul daripada perusahaan lain.

2016-12-15


Kebenaran Palsu

Kebenaran Palsu

Hoax dibangun atas dasar uang, politik, dan agama.

2017-01-05


Para Penjual Tradisi

Para Penjual Tradisi

Bertahan di tengah arus globalisasi. Mencari keuntungan sambil mencari rejeki.

2016-11-16


Menilik Sejarah Orang Arab di Indonesia

Menilik Sejarah Orang Arab di Indonesia

Dari Hadramaut, menuju wilayah yang kini kita sebut Indonesia.

2016-10-31